MAKALAH
PENGERTIAN
DAN RUANG LINGKUP
TEKNOLOGI
PENDIDIKAN
Makalah ini disusun sebagai tugas
terstruktur pada mata kuliah Teknolohi Pendidikan Semester 7 B STAI La Tansa
Mashiro Rangkasbitung
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
LA TANSA
MASHIRO RANGKASBITUNG
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, dengan
kasih sayang-Nya, telah melimpahkan nikmat tak terhingga yang takkan mungkin
dapat dihitung meski seluruh lautan dijadikan tinta untuk menuliskannya.
Terlebih atas nikmat terbesar yang telah Dia berikan, yaitu nikmat iman dan
Islam.
Shalawat dan salam semoga tercurah kepada revolusioner terbaik sepanjang masa,
pencetak sejarah kebenderangan dunia, Nabi Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini, saya sangat bersyukur mendapat kesempatan
menyusun karya tulis berbentuk makalah yang berjudul “Pengertian dan Ruang Lingkup
Tekhnologi Pendidikan”. Makalah ini merupakan tugas pada mata kuliah Teknologi Pendidikan semester 7 B
jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) La Latansa Mashiro Rangkasbitung.
Terima kasih terhatur kepada orang tua saya yang tak pernah lelah
membimbing saya dengan segenap cinta kasihnya, kepada dosen mata kuliah
Teknologi Pendidikan, Bpk.Iwan Falahudin, M.Pd.
yang dengan gigih memotivasi kami untuk terus maju dan berkarya, serta
kepada semua pihak yang tentunya begitu banyak membantu hingga terselesaikannya
penulisan makalah ini.
Semoga Allah SWT senantiasa memberi
jalan kepada kita untuk selalu memperbaiki diri dan memperoleh manfaat dari
setiap detik yang berlalu. Amin.
Rangkasbitung, 27 September 2012
Penulis
………………..
DAFTAR ISI
COVER..........................................................................................................................
i
KATA
PENGANTAR................................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang.................................................................................................. 1
B. Batasan
Masalah............................................................................................... 1
C. TUJUAN PENULISAN MAKALAH
BAB II PEMBAHASAN
............................................................................................ 2
A. PENGERTIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN.............................................. 2
1. Pengertian Teknologi
................................................................................ 2
2. Pengertian Pendidikan ................................................................................
2
3. Pengertian teknologi Pendidikan
................................................................ 3
B. RUANG LINGKUP KAJIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN...... ............. 3
BAB III PENUTUP
A. KESMPULAH................................................................................................ 6
B. SARAN.......................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................. 7
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Teknologi adalah perkembangan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi juga sebagai alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Teknologi pun memasuki berbagai bidang dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan efektifitas suatu produksi ataupun kegiatan untuk penggunanya. Dunia pendidikan pun tidak luput dari integrasi teknologi dalam rangka efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Teknologi dalam bidang pendidikan juga harus dapat dikembangkan dengan baik demi terwujudnya kehidupan bangsa yang cerdas yang tertuang dalam UUD 1945.
Bangsa yang cerdas berarti mengarah pada sumber
daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas berakar
pada kualitas pendidikan yang juga berkualitas. Karena hakikatnya untuk
mengembangkan diri manusis membutuhkan pendidikan agar dapat menjadi manusia
yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat bangsa dan negara.
Manusia dapat mengembangkan diri melalui
pendidikan karena manusia menyadari hakikat siapa sebenarnya dirinya. Salah
satu pengenalan manusia terhadap dirinya sendirian diri ádalah dengan
aspek-aspek berikut:
1.
Kemampuan
Menyadari Diri
2.
Kemampuan
Bereksistensi
3.
Kata hati
4.
Moral
5.
Tanggung Jawab
6.
Rasa
Kebebasan
7.
Kewajiban dan
Hak
8.
Kemampuan
Menghayati Kebahagian
Aspek-aspek tersebut dalam rangka meningkatkan
pengembangan dirinya dan kualitas hidup manusia jalan utama adalah melalui pendidikan.
Dalam, mendidik atau bertugas sebagai pendidik sangat penting mengetahui
aspek-aspek hakekat manusia tersebut agar menjadi arah sesungguhnya atau tujuan
paling utama meningkatkan kualitas hidup manusia. Pendidikan memiliki konsep
dan pengertian yang luas dan batasan-batasan untuk dikaji lebih dalam.Salah
satu tugas penting para pendidik adalah mengetahui, memahami dan dapat
mengaplikasikan serta menerapkan kajian ilmu tentang konsep pendidikan.
Teknologi merupakan salah satu pemecahan
masalah dalam dunia pendidikan, karena dapat menembus batas ruang dan waktu.
Integrasinya pun makin kuat pada masa globalisasi teknologi dapat menjadi
sarana penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang sangat memiliki berbagai
pulau yang berjauhan dan terpisah-pisah serta ragam budaya. Pemecahan masalah
tersebut merupakan salah satu kepentingan dari teknologi pendidikan.
Setiap warga negara berhak mendapatkan
pendidikan, tapi dikarenakan kekayaan Indonesia yang memiliki berbagai daerah
hal tersebut membuat masih adanya daerah-daerah yang belum tersentuh
pendidikan. Sangat diperlukan pembentukan sumber-sumber belajar agar masyarakat
Indonesia yang belum terjangkau pendidikan merasakan bagaimana pembelajaran.
Disinilah peran penting Teknologi Pendidikan.
B.
BATASAN MASALAH
Dalam pembuatan
makalah ini pemakalah merumuskan sebagai berikut :
1.
Apa pengertian tekhnologi
2.
Apa pengertian pendidikan
3.
Apa pengertian teknologi pendidikan
4.
Bagaimana ruang lingkup teknologi pendidikan
C.
TUJUAN PENULISAN MAKALAH
1.
Dapat mengetahui pengertian teknologi
2.
Dapat mengetahui pengertian pendidikan
3.
Dapat mengetahui pengetrtian teknologi
pendidikan
4.
Dapat mengetahui ruang lingkup teknologi
pendidikan
B AB II
P E M B A H A S A N
A.
PENGERTIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
- Pengertian Teknologi.
Terminologi teknologi berasal dari kata
“textere” (bahasa Latin) yang artinya “to weave or construct”, menenun atau
membangun. Dalam bahasa Yunani teknologi berasal dari kata “Technologia” yang
menurut Webster Dictionary berarti systematetic treatment atau penanganan
sesuatu secara sistematis. Arti lain dari Teknologi diambil dari kata Techne
sebagai dasar yaitu art, skill dan science yang berarti keahlian, keterampilan,
dan ilmu.
Teknologi dapat dijadikan alat untuk
pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Salisbury (2002:7) mengungkapkan
bahwa teknologi adalah penerapan ilmu atau pengetahuan yang terorganisir secara
sistematis untuk penyelesaian tugas-tugas secara praktis. Praktik penggunaan
teknologi akan meningkatkan nilai tambah terhadap produk ilmu pengetahuan Teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik atau
mesin.
- Pengertian Pendidikan
Berikut merupakan pengertian pendidikan menurut
ahli pendidikan, peraturan perundang-undangan :
a.
Pendidikan
adalah suatu proses untuk memanusiakan manusia sehingga membuat manusia
mempunyai kehidupan berbudaya. (Pidarta, 2 : 1997)
b.
Menurut UU
No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha
sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa
dan negara.
c.
Pendidikan
menurut Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232, berasal dari kata "didik",
Lalu kata ini mendapat awalan kata "me" sehingga menjadi
"mendidik" artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara
dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai
akhlak dan kecerdasan pikiran.
d.
Pendidikan
diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang
lain. Ada tiga bentuk transformasi yaitu nilai-nilai yang masih cocok
diteruskan misalnya nilai-nilai kejujuran, rasa tanggung jawab, dan
lain-lain.(Lasula & Tirtarahardja, 33: 2005)
- Pengertian teknologi Pendidikan
Ada beberapa pengertian mengenai teknologi pendidikan yaitu anata
lain :
a. Merupakan
pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat Bantu
untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar siswa.
b. Menurut Webster
Dictionary mengatakan bahwa teknologi pendidikan yaitu sebagai pegangan atau
pelaksanaan pendidikan secara sistematis, menurut system tertentu yang akan
dijelaskan kemudian.
c. Teknologi pendidikan ialah gabungan manusia,
peralatan, teknik dan peristiwa yang bertujuan untuk memberi kesan baik kepada
pendidikan" (Crowell (1971):Encyclopedia of education)
d. Teknologi Pendidikan/pembelajaran menurut
Council for educational Technology for the United Kingdiom (CET) :
pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem-sistem, teknik-teknik dan alat
bantu untuk memperbaiki proses belajar manusia
B.
RUANG LINGKUP
KAJIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Teknologi
Pendidikan dalam keseluruhan kegiatannya bertujuan untuk:
- Meningkatkan fungsi dan peran komponen-komponen sistem instruksional seperti guru, pesan, bahan, peralatan, teknik, lingkungan dan sebagainya untuk memecahkan masalah-masalah kependidikan;
- meningkatkan fungsi pengembangan instruksional seperti riset teori, desain, produksi, logistik dan sebagainya untuk menganalisis masalah, merancang, melaksanakan dan menilai upaya pemecahan masalah-masalah kependidikan;
- meningkatkan fungsi manejemen instruksional, baik manajemen personil maupun manajemen organisasinya untuk mengkoordinasikan salah satu atau beberapa fungsi yang telah disebutkan di atas.
Jika dikaji lebih mendalam mengenai ciri-ciri dan tujuan teknologi pembelajaran di atas, jelaslah bahwa kehadiran teknologi pembelajaran dalam dunia pendidikan adalah karena adanya dorongan-dorongan tertentu.
Adapun hal-hal yang mendorong dikembangkannya teknologi pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Adanya siswa atau peserta didik yang memerlukan bantuan dalam belajar sesuai dengan kemampuannya, kebutuhannya, kondisinya dan tujuannya
- sumber-sumber tradisonal sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan pendidikan, oleh karena itu, perlu dikembangkan dan dimanfaatkannya sumber-sumber belajar baru
- Adanya komponen-komponen sistem instruksional berupa pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan yang perlu didayagunakan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektitif dan efisien
- Adanya kegiatan sebagai suatu sistem dalam mengembangkan sumber-sumber belajar sebagai komponen sistem instruksional yang bertolak dari suatu teori tertentu dan hasil penelitian, kemudian dirancang, diproduksi, disajikan, digunakan, dinilai untuk disempurnakan, kemudian disebarkan
- Adanya kegiatan belajar yang memanfaatkan sumber belajar sebagai komponen sistem instruksional, serta lembaga atau instansi yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut sehingga perlu dikelola dengan baik agar kegiatan tersebut lebih berdaya guna
Kelima latar belakang tersebut, secara
konseptual merupakan gejala bidang garapan teknologi pembelajaran, sekaligus
latar belakang diterapkannya konsep teknologi pembelajaran.
Berikut ini akan dikemukakan secara singkat
gerakan yang mendasari terwujudnya bidang dan konsep teknologi pembelajaran
seperti yang ada sekarang. Pertama adalah lahirnya konsep alat bantu visual
(visual aid) dalam pembelajaran. Kedua adalah penggunaan alat bantu visual
dalam pembelajaran berkembang dalam audio visual aid. Kemudian yang ketiga
adalah dengan dimasukkannya prinsip-prinsip komunikasi dalam pembelajaran,
dengan demikian maka tekanan tidak lagi diletakkan pada benda atau bahan
pelajaran dalam bentuk audio visual, tetapi dipusatkan kepada keseluruhan
proses komunikasi informasi/pesan (massage) dari sumber (source), yaitu guru,
kepada penerima (receiver), yaitu siswa. Keempat adalah masuknya ilmu
pengetahuan perilaku kepada teknologi pembelajaran. Kelima adalah perkembangan
konsep teknologi pembelajaran dari komunikasi audio visual menuju ke pendekatan
sistem dalam pembelajaran, dan akhirnya lahirlah konsep teknologi
pembelajaran seperti yang ada sekarang
Dari uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa teknologi pembelajaran pada pokoknya mempunyai lima jenis
kegiatan yaitu:
- Menganalisis masalah dan merumuskan masalah
- Merancang pemecahan masalah
- Mengembangkan pemecahan masalah
- uji coba, penilaian dan revisi pemecahan masalah, dan
- Penerapan dan pengendalian pemecahan masalah.
BAB III
PENUTUP
- KESIMPULAN
- teknologi adalah penerapan ilmu atau pengetahuan yang terorganisir secara sistematis untuk penyelesaian tugas-tugas secara praktis. Praktik penggunaan teknologi akan meningkatkan nilai tambah terhadap produk ilmu pengetahuan Teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik atau mesin.
- Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
- Teknologi pendidikan ialah gabungan manusia, peralatan, teknik dan peristiwa yang bertujuan untuk memberi kesan baik kepada pendidikan"
- Adapun ruang lingkup kajian teknologi pendidikan ialah
a.
Meningkatkan fungsi dan peran komponen-komponen
sistem instruksional
b.
Adanya kegiatan sebagai suatu sistem dalam
mengembangkan sumber-sumber belajar sebagai komponen sistem instruksional
c.
Dll
- SARAN
Semoga makalah ini bermanfaat bagi penggunanya.
DAFTAR PUSTAKA
Prof. Dr. S. Nasution. MA. Teknologi Pendidikan Penerbit Temmars
Bandung tahun 1982
Pidarta, Made.
1997. Landasan Kependidikan. Yakarta: Rineka Cipta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar